UMS Raih 3 Penghargaan di Anugerah Diktiristek 2023

SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan 3 penghargaan sekaligus dalam Anugerah Diktiristek 2023 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemdikbud Ristek)

Tiga penghargaan yang diberikan kepada UMS pada Rabu (13/12) malam tersebut adalah Silver Winner Pembukaan Prodi Baru 2023, dari Dit Kelembagaan Ditjen Dikti, Terbaik Wirausaha Merdeka, dari Dit Belmawa, Ditjen Dikti, danTeraktif 2 Spada Award Dikti, dari Dit Belmawa, Ditjen Dikti. (Sumber : https://news.ums.ac.id/id/12/2023/jadi-salah-satu-kampus-ternama-ums-raih-3-penghargaan-di-anugerah-diktiristek-2023/)

Dari berita diatas salah satunya UMS mendapatlan Teraktif 2 Spada Award Dikti, ini dibuktikan dari penggunaan sesi dari spada di UMS itu sendiri, rincianya sebagai berikut:

Setiap program studi dan fakultas mempunyai LMS yang berbeda dari LMS 1 – 7 : LMS 1 digunakan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; LMS 2 digunakan Farmasi, Fakultas Kedokteran Umum dan Fakultas Kedokteran Gigi; LMS 3 digunakan Pascasarjana; LMS 4 digunakan Fakultas Agama Islam; LMS 5 digunakan Fakultas Teknik; LMS 6 digunakan Geografi, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakultas Hukum,  Psikologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis; LMS 7 digunakan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Dari data pada diagram diatas dapat diambil poin-poin :

Rekor Penggunaan SPADA Bulanan: Dengan rata-rata 5.421.340 sesi penggunaan setiap bulan, UMS menunjukkan tingginya tingkat aktivitas dalam menggunakan SPADA. Rekor ini menandakan partisipasi aktif dari dosen dan mahasiswa dalam menjalani proses pembelajaran secara daring.

Rata-Rata Sesi Penggunaan Bulanan: UMS mencatatkan rata-rata 903.556,6 sesi penggunaan SPADA setiap bulan. Angka ini mencerminkan intensitas tinggi dalam penggunaan platform digital tersebut, menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan terus-menerus.

Bukti Keaktifan Dosen dan Mahasiswa: Penghargaan ini tidak hanya mencerminkan kuantitas penggunaan SPADA oleh UMS tetapi juga menunjukkan keaktifan dosen dan mahasiswa dalam menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh. Data sesi penggunaan yang terdokumentasi secara rinci menjadi bukti konkret dari keterlibatan aktif seluruh komunitas akademis.

Dengan mendapatkan penghargaan ini, UMS semakin memotivasi diri untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital.