Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan UNAIR Benchmarking Implementasi Smartclass Room ke UMS

Selasa, 19 Desember 2023 Universitas Muhammadiyah Surakarta menerima kunjungan benchmarking implementasi smartclass room dari Universitas Airlangga Surabaya.

Tim Delegasi UNAIR terdiri dari Direktur Direktorat Inovasi dan Pengembangan Pendidikan (DIPP) Prof. Dr. I Made Narsa, SE.,M.Si., Ak.,CA., didampingi oleh Tenaga Kependidikan DIPP Niko Fahrianto A.Md., Akhmadi. S.Kom., dan Sulih Priyono, M.MT ini disambut langsung oleh Kadiv e-learning Biro Inovasi Pembelajaran (BIP) Husni Thamrin, M.T., Ph.D., Kadiv Pengembangan Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran BIP Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd., Kabiro Badan Perencanaan dan Pengembangan Munajat tri Nugroho, Ph.D., dan Kabiro Aset Universitas Taufik Hidayat, S.E.

Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan studi banding terkait imlementasi smartclass room di lingkungan UMS. smartclass room saat ini menjadi pusat perhatian utama dalam inovasi pembelajaran dalam dunia pendidikan yang merupakah salah satu wujud akselerasi bidang akademik dan metode pembelajaran di UMS.

Pada kegiatan benchmarking ini tim UMS memberikan pemaparan mengenai standar operasional smartclass room termasuk peralatan dan infrastuktur yang digunakan. selain itu Tim UMS mengajak rombongan untuk melihat secara langsung implementasi salat satu smartclass room yang bertempat di Fakultas Psikologi UMS.

Semoga dengan adanya kegiatan benchmarking ini selain untuk mempererat silaturahmi
juga dapat meningkatkan wawasan para tim dalam rangka pengembangan inovasi dan metode pembelajaran agar dapat mengikuti perkembangan era digital saat ini.
selain itu dengan kegiatan ini diharapkan setiap institusi dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam mendukung proses pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, dan meningkatkan kualitas pengajaran bagi mahasiswa.